Xiaomi Perusahaan IoT, Bukan Brand Smartphone

Xiaomi Perusahaan IoT, Bukan Brand Smartphone

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Xiaomi terkenal sebagai sebuah pabrikan smartphone yang mampu menumbuhkan pangsa pasar mereka di lini elektronik konsumen lainnya di pasar internasional.

Perusahaan asal Cina ini memulai bisnis dengan menjual smartphone berkualitas flagship dengan harga terjangkau, dan kini telah mendiversifikasi bisnis mereka ke beberapa lini produk teknologi. Xiaomi tumbuh di saat Samsung dan Apple telah memiliki pendapatan miliaran dolar dan memiliki rantai pasokan yang mapan.

Xiaomi tidak pernah ingin menjadi sebuah perusahaan smartphone. Mereka ingin menjadi sebuah perusahaan ekosistem teknologi. Orang-orang pada umumnya melihat Xiaomi sebagai perusahaan Cina yang menjual smartphone dengan harga sangat terjangkau. Namun pandangan itu tidaklah sepenuhnya benar. Itu adalah perusahaan Internet of Things (IoT) yang ingin menjadi bagian dari kehidupan pelanggannya.

Sebagai informasi, Xiaomi juga menjual TV, laptop, produk kebugaran, elektronik rumah tangga seperti air purifier, water purifier, vacuum cleaner robot, router Wi-Fi, power bank dan banyak lagi lainnya. Bahkan anda juga bisa mendapatkan sepatu lari dari Xiaomi.

Smartphone Hanya Jadi Pengelola Ekosistem

Smartphone buatan Xiaomi, yang biasanya menjadi produk pertama yang dibeli orang dari perusahaan, bertindak sebagai pengelola ekosistem atau untuk mengaktifkan ekosistem. Dengan kata lain yang lebih sederhana, anda bisa menggunakan smartphone Xiaomi sebagai remote control untuk produk lain yang ada di ekosistem seperti elektronik rumah tangga dan lainnya.

Tidak semua produk dari Xiaomi memiliki integrasi dengan produk lainnya, namun ini sangat membantu dalam membangun kepercayaan pada produk-produk buatan perusahaan.

Xiaomi juga memiliki sejumlah perusahaan lain yang membantu bisnis mereka, sebut saja Redmi dan Poco. Keduanya adalah anak usaha yang cukup sukses di pasar teknologi. Seperti halnya Xiaomi, kedua perusahaan itu juga terkenal akan produk smartphone mereka.

Xiaomi menghabiskan lebih banyak uang pada pengembangan dan peluncuran produk IoT secepat mungkin, untuk bisa meraih sebagian besar dunia yang terhubung. Mereka juga berencana untuk memasuki pasar kendaraan listrik dalam beberapa tahun mendatang.

Mereka selama ini dianggap mampu untuk membangun sebuah brand dan kepercayaan yang solid dalam waktu singkat dengan pemasaran yang agresif dan produk yang baik. Xiaomi terus berupaya melakukan diversifikasi produk semakin jauh, dan secara bersamaan bisa terus tumbuh, karena menawarkan solusi yang terjangkau kepada para pelanggan.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.