Windows 11 Pro Kini Wajibkan Penggunaan Akun Microsoft dan Jaringan Internet Aktif

Windows 11 Pro Kini Wajibkan Penggunaan Akun Microsoft dan Jaringan Internet Aktif

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Windows 11 bisa digunakan baik itu dengan akun lokal maupun akun Microsoft, namun perusahaan kini telah memutuskan untuk memilih penggunaan pilihan kedua. Windows 11 Home sebelumnya mensyaratkan penggunaan akun Microsoft ketimbang akun lokal dan ini memaksa pengguna untuk terhubung ke internet untuk bisa menyelesaikan proses penyetelan atau pemasangan baru.

Untuk saat ini, masih memungkinkan untuk dengan mudah memilih antar menggunakan akun Microsoft atau akun lokal di Windows 11 Pro dan Enterprise. Namun untuk rilisan yang akan datang, tidak akan ada pilihan untuk pengguna akun lokal ketika memasang Windows 11 Pro. Ini membuat segalanya menjadi lebih rumit lagi, karena Microsoft juga menginginkan perangkat pengguna untuk terus terhubung ke internet.

Dengan Windows 11 Build 22557, Microsoft kini sedang bereksperimen dengan perubahan yang sama seperti Windows 11 Home untuk Windows 11 Pro.

Seperti yang terlihat di tangkapan layar di atas, Microsoft berharap pengguna mereka untuk memiliki sebuah akun Microsoft dan jaringan internet untuk menyelesaikan proses pemasangan sistem operasi itu, dan akan muncul di layar Out Of the Box Experience (OOBE).

Syarat adanya jaringan internet akan mengganggu sejumlah pengguna karena proses pemasangan tidak akan berjalan, kecuali perangkat telah terhubung ke internet. Tentu saja, ada beberapa solusi alternatif untuk menghilangkan persyaratan semacam itu, namun langkah-langkahnya tidak akan mudah untuk pengguna awam.

Misalnya, jika anda ingin memasang Windows 11 tanpa akun Microsoft atau jaringan internet, anda harus melakukan beberapa perubahan pada media pemasangan atau menggunakan file dari Windows 10.

Alasan Microsoft

Integrasi akun Microsoft akan meningkatkan pengalaman jika anda selama ini menggunakan produk Microsoft seperti Office, Teams atau OneDrive. Di saat yang sama, Microsoft tentu saja juga ingin mendapatkan lebih banyak uang dari syarat penggunaan akun Microsoft tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mengirimkan iklan yang terpersonalisasi berdasarkan aktivitas pengguna.

Berdasarkan perubahan yang ada belakangan, sepertinya pengguna hanya bisa memasang versi Enterprise, Education dan beberapa edisi spesial lainnya saja jika tidak ingin menggunakan akun Microsoft.

Meskipun hal ini akan menjadi sebuah standar baru, untuk saat ini anda masih bisa membuat dan menggunakan akun lokal. Setelah melewati beberapa proses pemasangan utama, di mana anda harus memasukkan data Microsoft anda, anda bisa membuka pengaturan Windows 11 dan memakai akun lokal. Kemudian begitu selesai mengkonfigurasi akun, anda bisa mencopot tautan ke akun Microsoft dan tetap menggunakan versi lokal.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.