Saat Oppo Find N Diuji Goresan, Pembakaran dan Pembengkokan

Saat Oppo Find N Diuji Goresan, Pembakaran dan Pembengkokan

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Uji ketahanan, seringkali bisa memberikan gambaran mengenai kekuatan suatu perangkat. Zack Nelson aka JerryRigEverything baru-baru ini menguji ketahanan perangkat smartphone Oppo Find N, yang saat ini menjadi salah satu perangkat yang banyak diperbincangkan. Ini merupakan perangkat smartphone lipat pertama perusahaan, yang siap bersaing dengan Samsung Galaxy Z Fold 3.

Smartphone lipat tersebut, telah resmi diluncurkan sejak satu bulan yang lalu, dan siap membuat gelombang besar di pasaran dengan harga mulai Rp17 jutaan. Setelah peluncuran itu, tidak banyak kabar baru yang muncul mengenai smartphone lipat tersebut, kecuali kabar bahwa Oppo akan mengeluarkan lebih banyak produk baru lagi.

Salah satu yang menjadi catatan adalah bahwa perangkat ini ditawarkan lebih terjangkau dibandingkan Galaxy Z Fold 3, sehingga orang-orang penasaran seperti apa smartphone ini. Terlebih Oppo Find N merupakan nama baru di pasar smartphone lipat.

Selain itu, Oppo Find N memiliki dimensi lebih pendek dibandingkan Galaxy Z Fold 3. Smartphone ini didesain dengan sangat rapat, sehingga tidak ada celah cahaya udara atau udara yang masuk. Layar depannya, bisa pas saat digenggam di tangan. Ketika kedua layar terbuka, layarnya terlihat berbentuk persegi. Oppo mengatakan bahwa terdapat 12 lapisan layar di dalamnya, yang merupakan kaca ultra tipis.

Dalam pengujian ketahanan yang dilakukan, Zack melakukan beberapa hal dengan perangkat tersebut, mulai pengujian goresan, pembakaran dan pembengkokan. Pada skala Mohs, layar eksternalnya bisa tergores di level 5 atau 6. Dengan plastik terpasang, tergores di level 2. Dengan Gorilla Victus, goresan terjadi pada level 6 dan layar bagian dalam tergores di level 7.

Ketika pengujian pembakaran, layar utama Oppo Find N mampu pulih. Layar tersebut bisa tetap bekerja setelah diuji pembakaran selama 30 detik. Namun, layar bagian dalamnya sudah mulai meleleh. Zack kemudian mencoba menaburkan pasir di atas layar, dan menutup perangkat. Hasilnya memang ada celah.

Sementara itu ketika diuji bengkokan, smartphone ini mampu bertahan. Memang terlihat jelas desain yang solid dari Oppo Find N ini, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif yang layak untuk dibeli.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.