Pengguna Windows 11 Laporkan Penurunan Kinerja SSD NVMe

Pengguna Windows 11 Laporkan Penurunan Kinerja SSD NVMe

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Sejumlah pengguna Windows 11 telah melaporkan mengenai melambatnya kinerja perangkat NVMe mereka di beberapa forum internet selama beberapa bulan terakhir. Masalahnya cukup bervariasi, di mana drive yang berbeda mengalami gejala yang berbeda juga.

Misalnya, ketika drive NVMe tertentu menunjukkan perlambatan operasi input/output per detik, sedangkan lainnya mengalami kecepatan membaca/menulis yang melambat. Penurunan kinerja ini yang dilaporkan itu pada umumnya dibandingkan dengan saat menggunakan Windows 10.

Salah seorang pengguna dengan akun MJ_JasonM mengatakan bahwa kecepatan penulisan SSD-nya menurun hingga separuh, jika dibandingkan dengan Windows 10. Pihak Microsoft yang bergabung di forum tersebut dan memberikan komentar mengatakan bahwa saat ini timnya sedang melakukan investigasi, atas terjadinya penurunan kinerja driver NVMe ini.

“Halo, saya bagian dari tim file sistem di Microsoft dan saat ini sedang menginvestigasi masalah ini,” tulisnya dalam sebuah komentar.

Pengguna Windows 11 juga mengirimkan keluhan mereka terkait masalah ini ke Feedback Hub. Salah satunya di bawah ini, yang mendapatkan tanggapan menarik oleh Jeff C, yang tampaknya menyiratkan bahwa masalahnya mungkin terkait dengan driver yang disediakan oleh Microsoft.

“Pengujian lebih lanjut di semua drive NVMe saya yang menggunakan driver Microsoft, memiliki masalah yang sama, tetapi jika menggunakan driver Intel 905P, yang disediakan sendiri oleh pihak Intel, drive saya mampu bekerja dengan kinerja maksimalnya dan tidak mengalami masalah tersebut.”

Namun untuk saat ini, masalah ini masih menjadi spekulasi dan penyebabnya kemungkinan juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Jadi jika anda mungkin salah satu yang terdampak masalah yang sama ini, anda bisa mengirimkan keluhan anda ke feedback hub juga, dan melakukan upvote pada masalah tersebut, agar segera mendapatkan perhatian dari pihak Microsoft.

Sementara itu pada pengujian yang sama menggunakan driver NVMe WD SN520 untuk melihat lebih lanjut permasalahan ini, memang benar telah terjadi penurunan kinerja. Hasil pengujian itu menunjukkan bahwa adanya perbedaan cukup besar pada kinerja pembacaan dan penulisan, khususnya pada perilaku yang acak. Dan hasil pengujian itu terlihat sangat menonjol bahwa sedang terjadi error di sini.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.