Chrome OS 97 Hadir Dengan Sejumlah Fitur Baru dan Peningkatan

Chrome OS 97 Hadir Dengan Sejumlah Fitur Baru dan Peningkatan

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Chrome OS 97 kini telah tersedia, mengikuti alur perilisan dari Chrome 97. Pembaruan sistem operasi itu menampilkan sejumlah besar pembaruan khusus untuk desktop yang dibawa ke browser, namun ada beberapa perubahan yang lebih menarik lagi dihadirkan ke Chromebook. Itu di antaranya seperti fungsionalitas offline yang lebih baik, peningkatan aksesibilitas dan aplikasi galeri yang ditingkatkan cukup signifikan.

Pengecekan Grammar Offline

Chromebook memang telah memiliki fitur pengecek grammar dan pengucapan sudah sejak lama, namun fitur itu sangat bergantung pada koneksi internet untuk bisa bekerja dengan maksimal.

Chrome OS 97 kini akan bisa secara otomatis memeriksa baik itu kesalahan grammar dan typo ketika anda mengetik, meski dalam kondisi tidak ada koneksi internet. Namun anda juga misa mematikannya jika tidak membutuhkan.

Jendela Aplikasi Galeri Dengan Dukungan Audio

Aplikasi galeri bawaan dari Chrome OS mungkin sudah terlihat cukup baik, tetapi sudah lama ada masalah bahwa anda mungkin tidak dapat membuka dua gambar secara bersamaan dan berdampingan di dua jendela.

Kini dengan pembaruan terbaru, hal tersebut bisa memungkinkan, sehingga anda bisa membuka jendela sebanyak mungkin untuk foto dan file lain. Meski baru datang setelah sekian lama, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Peningkatan lain yang hadir di aplikasi galeri adalah dukungan audio, yang membuatnya menjadi lebih mudah untuk mendengarkan lagu yang tersimpan di Chromebook atau untuk meninjau file audio lainnya tanpa harus membuka pemutar khusus.

Peningkatan Fitur Magnifier

Bagi mereka yang biasanya bergantung pada fitur pembesar layar (magnifier) karena masalah penglihatan, Chrome OS 97 memungkinkan para pengguna tersebut untuk memilih bagian dari layar yang telah diperbesar, kapanpun ketika mereka mengarahkan mouse.

Fitur ini hadir sebagai peningkatan dari opsi yang telah ada sebelumnya, yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar area ketika kursor mouse menyentuh ujung dari layar saja.

Chrome OS sepertinya memulai langkah yang baik di tahun 2022 ini, namun masih ada banyak peningkatan dan penambahan di sejumlah area lainnya. Pada event CES 2022, Google juga telah mengumumkan beberapa fitur lain yang akan hadir di sistem operasi ini.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.