Canon luncurkan EOS R6 Mark II dengan kemampuan foto 40 fps

Canon luncurkan EOS R6 Mark II dengan kemampuan foto 40 fps

Canon baru saja meluncurkan meluncurkan kamera mirrorless EOS R6 Mark II dengan sensor beresolusi 24,2 MP.

Canon telah mengumumkan EOS R6 Mark II dengan sensor beresolusi 24,2 MP yang baru dikembangkan. Kamera ini dapat memotret hingga 40 fps dan diklaim dilengkapi dengan autofocus (AF) yang sangat akurat. Desain bodi R6 Mark II secara keseluruhan tidak berbeda jauh dari desain kamera RF-mount Canon sebelumnya, tetapi memiliki perubahan pada tata letak bagian atas kamera.

Di sebelah kiri electronic viewfinder (EVF) kini terdapat tombol baru untuk beralih antara mode foto dan video. Tombol daya pindah ke sisi kanan kamera di atas salah satu dial command, yang sekarang lebih kecil dari versi sebelumnya. Tombol rekam video tetap tidak berubah yang berada di bagian belakang kamera.

Dilansir dari PetaPixel (11/2), EOS R6 Mark II sekarang memiliki multi-interface shoe yang pertama kali diperkenalkan oleh Sony. Sehingga memberikan kamera lebih banyak kemampuan untuk berkomunikasi dengan aksesori pendukung. Mirrorless ini juga masih memiliki in-body image stabilization (IBIS) yang memungkinkan gambar stabil meski tidak menggunakan lensa OIS.

Meskipun memiliki resolusi yang sama dengan kamera flagship Canon EOS R3, sensor pada EOS R6 Mark II dikatakan memiliki keunikan sendiri. Meski kecerdasan AF-nya didasarkan pada EOS R3, EOS R6 Mark II memiliki beberapa trik baru yang hanya ditemukan di kamera baru ini.

Perlu dicatat bahwa meskipun EOS R6 Mark II dapat memotret hingga 40 fps dengan shutter elektronik (hingga 12 fps dengan shutter mekanik), kamera ini tidak mengusung desain sensor bertumpuk (stacked sensor). Canon belum mengungkapkan bagaimana sensornya dapat memotret secepat itu (dan menghindari gangguan rolling shutter) tanpa menggunakan desain stacked sensor.

Sensor tersebut didukung oleh beberapa fitur pintar baru, yaitu kemampuan untuk memberi tahu kamera untuk mengalihkan fokusnya antara mata kiri dan kanan, kemampuan untuk memberi tahu kamera jenis subjek apa yang harus diprioritaskan, mode pre-recording RAW burst baru, dan perekaman HDR untuk subjek bergerak.

Selain kemampuan AF pintar yang tersedia sebelumnya, EOS R6 Mark II juga menambahkan kuda, kereta api, dan pesawat terbang. Semua ini dapat dilakukan berkat hadirnya teknologi deep learning yang telah diperbarui.

Di sisi video, EOS R6 Mark II menghadirkan perekaman video 4K hingga 60 fps tanpa sensor cropping yang dapat terus merekam selama 40 menit “atau lebih lama”. Kamera ini mampu merekam secara “tak terbatas” bila diatur ke perekaman 4K pada 30 fps atau di bawahnya.

Kamera tersebut juga dapat merekam ke Canon Log 3 dan mendukung perekaman internal hingga 4:2:2 10 bit dalam H.264 atau H.265. Saat terhubung ke perekam eksternal yang diperbarui dan didukung, EOS R6 Mark II juga dapat memotret dalam 6K RAW. Sedangkan untuk media penyimpanan, EOS R6 Mark II menggunakan dua slot kartu SD UHS-II.

Harga mirrorless Canon EOS R6 Mark II adalah USD2.499 (Rp39 juta). Sedangkan harganya menjadi USD3.599 (Rp56,3 juta) dengan lensa kit Canon RF24-105 f/4 L IS USM dan USD2.799 (Rp43,8 juta) dengan lensa kit Canon RF24-105 f/4.0-7.1 IS STM USM.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.