Toyota Innova Zenix Sudah Gunakan Mesin Hybrid, Tingkat Irit BBM Gak Kalah dari LCGC?

Toyota Innova Zenix Sudah Gunakan Mesin Hybrid, Tingkat Irit BBM Gak Kalah dari LCGC?

faktualist.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan mobil keluarga terbarunya Toyota Innova Zenix pada Senin, 21 November 2022.

Hadirnya mobil keluarga ini juga membawa teknologi baru karena untuk pertama kalinya, Toyota Innova mendapatkan mesin dengan tipe percampuran mesin bensin dan motor listrik (hybrid).

Ada beberapa keunggulan dari Toyota Innova Zenix yang dipasangi oleh mesin hybrid terbaru ini.

Salah satunya adalah efisiensi bahan bakar minyak (BBM) yang diklaim bisa bersaing dengan mobil low cost green car ( LCGC ). Benarkah demikian?

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandy klaim efisiensi BBM dari Toyota Innova Zenix bisa lebih irit dari tipe sebelumnya.

Sebagai data perbandingan, Toyota Innova Zenix dengan mesin biasa hanya bisa mencapai angka 15 km/liter saja.

Sedangkan Innova Zenix Hybrid , sudah bisa mencapai angka konsumsi bensin 21 km/liter dengan pengujian internal melewati rue yang dikombinasikan.

Dibandingkan model sebelumnya, Toyota Innova versi lama rata-rata bisa memiliki angka konsumsi bensin 12 km/ liter untuk tipe mesin biasa, dan 14 km/liter untuk mesin diesel.

Sebagai data perbandingan lagi, angka dari konsumsi mesin hybrid Toyota Innova Zenix ini tidak kalah irit dengan mobil-mobil LCGC .

Misalnya Daihatsu Ayla dengan mesin 1.0 hingga 1.2 liter bisa mencapai angka konsumsi bensin 13-20 km/liter tergantung penggunaannya.

Sedangkan Honda Brio Satya bisa memiliki angka konsumsi bensin dari 16-20 km/liter.

Untuk spesifikasi mesinnya, Toyota Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin dengan kode M20A-FXS 2.000 CC yang platformnya mirip digunakan oleh Toyota Voxy.

Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 152 PS diikuti torsi maksimum 188 Nm.

Tetapi, karena ditambahkan motor listrik, tenaga kombinasi keduanya bertambah menjadi 186 PS dipadukan dengan tranmsisi e-CVT.***