News  

Negeri Hila Maluku juara satu kategori pengelola “homestay” ADWI 2022

Negeri Hila Maluku juara satu kategori pengelola “homestay” ADWI 2022
Ambon (ANTARA) – Desa Wisata Negeri Hila di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, berhasil meraih juara satu untuk kategori pengelola homestay pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Prestasi ini bukan akhir capaian, tapi awal perjuangan,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku Afandi Hasanusi kepada ANTARA di Ambon, Senin.

Malam puncak ADWI 2022 berlangsung di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada Minggu (30/10) malam, yang dihadiri langsung oleh Menparakraf Sandiaga S Uno. ADWI 2022 merupakan penganugerahan kepada desa wisata terpilih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.

Ajang tersebut diikuti oleh 3.419 peserta desa di seluruh Indonesia yang dipilih menjadi 50 desa terbaik dari tujuh kategori.

Baca juga: Negeri Hila masuk 50 besar Desa Wisata Nasional

Afandi Hasanusi bersyukur atas pencapaian Desa Wisata Negeri Hila di ajang tingkat nasional tersebut sebagai hasil kerja keras masyarakat dan semua pihak untuk memajukan sektor pariwisata Maluku.

“Hal yang penting dipertahankan adalah keberlangsungan pengelolaan secara konsisten dalam peningkatan kualitas dan kuantitas,” pesannya.

Keberhasilan tersebut merupakan contoh nyata bahwa potensi pariwisata Maluku yang memiliki pesona kekayaan alam dan budaya, bisa mendapatkan pengakuan dan membawa nilai lebih yang bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah. Ia berharap pengembangan pariwisata Maluku bisa terus mendapat dukungan semua jajaran terutama pihak pemerintah kabupaten, pemangku negeri atau adat, pengelola, dan masyarakat sendiri.

“Saya berharap kepada seluruh Pemda kabupaten/kota beserta masyarakat, akademisi, komunitas, swasta, media, dan pemangku kebijakan lainnya untuk bersinergi, baku gandeng dalam pengembangan pariwisata karena Maluku bisa,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Maluku Afandi Hasanusi berfoto bersama Menparekrat Sandiaga Uno pada malam penganugerahan ADWI 2022 di Jakarta, Minggu (30/10/2022) di mana Desa Wisata Negeri Hila, Maluku, keluar sebagai juara satu kategori pengelola homestay. (ANTARA/HO-Dispar Maluku)

Desa Wisata Negeri Hila terletak di pantai utara Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Ambon.

Baca juga: Warga Negeri Hila mempertahankan tradisi hadrat selama Ramadhan

Menparekraf Sandiaga Uno pada September 2022 sempat berkunjung ke Negeri Hila untuk menandatangani prasasti penetapan Desa Wisata Negeri Hila. Tempat tersebut memiliki daya tarik wisata sejarah karena merupakan titik nol dari jalur rempah di Indonesia.

Desa Wisata Negeri Hila menawarkan keindahan alam, budaya, rumah-rumah adat yang dijaga dengan apik, dan peninggalan bersejarah yakni Benteng Amsterdam peninggalan kolonial.

 

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.