Tunai atau Kredit, Mana yang Paling Tepat Dipilih Buat Beli Barang Impian?

Tunai atau Kredit, Mana yang Paling Tepat Dipilih Buat Beli Barang Impian?

Merdeka.com – Siapapun tentu punya barang impian yang ingin dibeli. Paling tidak ada satu yang rasanya ingin dimiliki. Entah itu karena butuh atau sekadar buat kesenangan diri. Namun, saat mau merealisasikannya, kadang kebingungan muncul antara mau dibeli dengan cara tunai maupun kredit.

Hal semacam itu kadang terjadi lantaran budget yang dimiliki pas-pasan, masih banyak kebutuhan pokok lain yang perlu dipenuhi, maupun alasan lainnya. Lantas, cara mana yang tepat dipilih untuk membeli barang impian ini? Pertimbangkan beberapa hal penting berikut ini sebelum mengambil keputusan.

Tabungan Melimpah? Bayar Tunai Bisa Dicoba!

dana baru

┬ęShutterstock.com

Pemasukan yang lancar dan pengelolaan keuangan yang bagus, membuat beberapa orang punya tabungan melimpah. Hal ini pun tak sekadar bikin hidup lebih aman dan nyaman, lantaran merasa masa depan lebih terjamin, tetapi juga lebih mudah saat ingin mewujudkan beberapa keinginan.

Makanya, jika tabungan melimpah dan tak sampai mengganggu pos-pos keuangan yang sudah berjalan, termasuk pos untuk masa depan, seperti dana darurat dan investasi, maka bisa membeli barang impian secara tunai. Hal ini jadi pilihan yang tepat, karena tak perlu membuka utang baru atau menambah cicilan bulanan.

Pakai Kartu Kredit Bila Uang Ngepas Tapi Kebutuhan Mendadak

dana baru

┬ęShutterstock.com

Sebaliknya, jika keuangan sedang pas-pasan lantaran tengah banyak pengeluaran, sementara ingin banget mendapatkan barang impian yang hadir dalam edisi terbatas atau ada kebutuhan mendadak, maka bisa memanfaatkan kartu kredit. Fasilitas perbankan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli barang impian, tanpa harus menjadikannya beban finansial baru.

Hal ini karena dengan fasilitas kartu kredit, barang yang diinginkan bisa didapatkan lebih dulu, nanti bayarnya bisa belakangan. Selain itu, tagihannya juga bisa diubah menjadi cicilan dengan beragam pilihan tenor pembayaran, seperti 3, 6, 12 sampai 24 bulan, tergantung masing-masing perbankan.

Hanya saja, menggunakan kartu kredit ini juga perlu kewaspadaan, agar tak sampai menambah pengeluaran baru, akibat sanksi telat bayar tagihan misalnya. Jadi, jika memiliki kartu kredit, manfaatkanlah secara bijak untuk membeli barang impian, agar tak sampai melebihi limit dan pastikan bayar tagihannya tepat waktu.

Apapun Cara Belinya, Bayarlah Lewat Aplikasi yang Aman

dana baru

┬ęShutterstock.com

Setelah menentukan metode pembelian yang ingin dimanfaatkan untuk membeli barang impian, lebih-lebih yang harganya mahal, maka pastikan pembayarannya dilakukan lewat aplikasi yang aman. Baik itu membayar langsung secara tunai, transfer antar bank, maupun pelunasan tagihan kartu kredit.

Salah satunya lewat dompet digital seperti DANA. Tak hanya praktis, DANA juga bikin penggunanya Bebas Cemas saat bertransaksi. Ini karena DANA memberikan Garansi 100% Uang Kembali saat pengguna bertransaksi, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di DANA yang infonya bisa kamu cek di sini.

dana baru

Dengan adanya Garansi 100% Uang Kembali ini, pengguna tak perlu lagi takut uangnya hilang kalau terjadi kendala atau masalah saat mereka bertransaksi di DANA. Menarik sekali, bukan? Makanya, jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi DANA dari sekarang.

Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga biar hidupmu #BebasDrama!

[tmi]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.