Terlalu Sering Dicuci Bikin Celana Jeans Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

Terlalu Sering Dicuci Bikin Celana Jeans Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

Merdeka.com – Ada banyak alasan mengapa celana jeans menjadi fashion items favorit. Bentuknya yang mengikuti proporsi tubuh membuatnya terasa nyaman dan fleksibel ketika digunakan. Nggak hanya itu saja, jeans juga termasuk salah satu jenis pakaian yang mudah dikombinasikan dengan fashion items lainnya untuk mendukung penampilan yang sesuai karaktermu.

Sebagai pakaian favorit, jelas perlu perawatan ekstra agar celana jeans bisa lebih awet. Tapi, ada yang bilang nih kalau terlalu sering dicuci justru bisa merusak items tersebut. Mitos atau fakta ya?

Seberapa Sering Harus Mencuci Celana Jeans?

terlalu sering dicuci bikin celana jeans cepat rusak mitos atau fakta

┬ęShutterstock

Saking nyamannya celana jeans, banyak yang menggunakan fashion items yang satu ini untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya saja mix and match baggy jeans dan kemeja untuk menciptakan smart casual look yang nyaman buat ngantor. Tapi, biarpun sering digunakan ternyata celana jeans sebaiknya tidak dicuci setiap hari.

Penggunaan deterjen yang kurang tepat bisa membuat warna asli jeans jadi mudah pudar. Selain itu, penggunaan mesin cuci selama prosesnya juga berisiko merusak celana jeans dan membuat bahannya cepat melar jika terlalu sering. Ada juga yang berpendapat kalau semakin lama nggak dicuci justru bisa menjaga bentuk jeans lebih ideal.

Namun, untuk alasan kesehatan, sebaiknya cuci jeans yang digunakan secara rutin setelah 4-6 kali pemakaian ya. Celana jeans yang kotor juga bisa menyebabkan masalah kulit dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Tips Merawat dan Mencuci Celana Jeans

terlalu sering dicuci bikin celana jeans cepat rusak mitos atau fakta

┬ęShutterstock

Punya ripped jeans kesayangan yang sering diandalkan sebagai signature style penampilan? Biar lebih awet, pastikan kamu melakukan perawatan yang tepat, misalnya dengan mencuci celana jeans sesuai yang disarankan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat celana jeans kesayangan. Kalau sedang tidak langsung dicuci, gantung dan angin-anginkan terlebih dulu celana jeans kesayangan untuk mencegahnya terasa lembap ketika digunakan kembali. Selain itu, dalam proses mencuci, menyetrika dan menjemur, balik celana jeans yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk merawat dan menjaga warnanya agar tidak mudah pudar.

Jangan lupa untuk pilih deterjen yang tepat. Disarankan untuk mencuci celana jeans dengan mild detergent atau detergent yang lembut serta minim bahan pewangi dan bahan kimia yang keras. Poin yang satu ini sangat penting untuk menjaga kualitas warna dan bahan celana jeans agar tetap tahan lama. Pastikan selalu mencuci jeans dengan air dingin dan keringkan dengan menjemurnya dengan cara diangin-anginkan, tidak di bawah sinar matahari langsung.

Dengan memperhatikan proses perawatan dan teknik mencuci yang tepat, celana jeans kesayangan pun bisa lebih awet dan tahan lama. Kamu pun bisa bereksperimen dengan berbagai gaya fashion unik yang sesuai karakter.

Pilah-Pilih Koleksi Celana Jeans Kesayangan

terlalu sering dicuci bikin celana jeans cepat rusak mitos atau fakta

┬ęShutterstock

Kalau sudah memahami langkah perawatan dan mencuci celana jeans yang tepat, sekarang waktunya update isi lemari kamu dengan berbagai model celana jeans yang lagi hype. Misalnya saja skinny jeans yang banyak disukai karena bentuknya yang fit to body, sehingga bisa memperlihatkan lekuk tubuh yang ramping.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan model jeans lainnya. Misalnya jogger jeans pants yaitu celana jeans dengan model jogger yang punya banyak saku untuk mendukung penampilan makin edgy. Kalau ingin lebih fleksibel dalam bergerak, flare jeans atau celana jeans dengan bagian bawah yang lebar juga bisa jadi pilihan. Jangan lupa mix and match dengan atasan yang tepat supaya penampilan makin standout.

Nggak perlu bingung kalau mau upgrade penampilan dengan celana jeans, karena kini ada Tokopedia yang #SelaluAdaSelaluBisa memenuhi semua kebutuhan kamu. Nggak hanya fashion items saja, berbagai barang kebutuhan sehari-hari, gadget, hingga perlengkapan rumah tangga bisa dibeli dengan mudah! Yuk, intip promonya sekarang!

[wri]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.