faktualist.net – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Utara masih membutuhkan tiga tahun lagi untuk menyelesaikan pembangunan Manado ‘Outer Ring Road’ (MORR) III.

“MORR III ini membentang dari Kalasey-Winangun dengan total panjang 11 kilometer,” kata Kepala BPJN Sulut, Hendro Satrio MK di Manado, Kamis.

Awal pembangunan MORR III ini dimulai tahun 2021, segmen satu dialokasikan sebesar Rp45 miliar dengan panjang jalan yang akan dibangun 1,5 kilometer.

Di tahun berikutnya, BPJN Sulut melanjutkan pembangunan MORR III segmen dua juga sepanjang 1,5 kilometer dengan alokasi anggaran sebesar Rp42 kilometer.

Sementara di tahun 2023, panjang jalan yang akan dibangun 1,9 kilometer dengan plot anggaran sebesar Rp37 miliar.

“Jadi diperkirakan masih tersisa sepanjang 6 kilometer agar tuntas sampai Winangun. Artinya kalau setiap tahun kita menyelesaikan 2 kilometer, maka masih diperlukan sekitar tiga tahun,” kata Hendro.

Dia menyebutkan, pembangunan MORR III tersebut sangat bergantung dari lahan yang telah dibebaskan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan).

Lahan yang telah dibebaskan tersebut kemudian akan dilanjutkan BPJN Sulut untuk proses pengerjaan, katanya.

“MORR III ini nantinya akan menjadi urat nadi perekonomian Sulut karena menopang pergerakan barang dan manusia. MORR III ini juga nantinya akan mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Kota Manado karena kendaraan akan menggunakan ruas jalan ini sebagai alternatif menuju ke kota dan kabupaten lainnya,” ujarnya.

MORR III sepanjang 11 kilometer ini nantinya akan terkoneksi dengan MORR I dan MORR II yang telah selesai dibangun BPJN Sulut sebelumnya.