Harga Airbag Mobil Avanza dan Estimasi Jasa Perbaikannya

Harga Airbag Mobil Avanza dan Estimasi Jasa Perbaikannya

Sebagai mobil keluarga yang laris manis di pasaran untuk waktu yang cukup lama, Avanza terus melakukan inovasi fitur. Salah satunya adalah airbag mobil Avanza yang dipasang sebagai fitur keamanan mobil.

Avanza sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 2003. Namun, fitur airbag baru mulai disematkan sejak tahun 2013. 

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai fitur airbag mobil ini, cara kerja, dan harga perbaikan setelah airbag mengembang, simak artikel ini sampai habis, ya!

Harga airbag mobil Avanza

Harga airbag Avanza berkisar antara Rp2-5 juta. Umumnya airbag dijual per paket yang berisi airbag itu sendiri, safety belt atau sabuk pengaman, sensor airbag, modul, serta komponen spiral. 

Airbag dijual karena beberapa pemilik mobil perlu mengganti airbag setelah airbag terpakai. Begitu mobil mengalami tabrakan dan airbag mengembang, maka airbag yang lama tidak akan bisa digunakan kembali. 

Komponen airbag tidak bisa diganti sendiri, namun harus secara keseluruhan, termasuk mengganti sensor, modul, dan sabuk pengaman karena semuanya saling berhubungan.

Ketika melakukan penggantian airbag, kamu bisa menyerahkan kepada pihak bengkel untuk membeli komponen airbag yang baru atau membeli sendiri paket airbag orisinil. 

Biasanya, bengkel resmi Toyota akan menyediakan paket full set airbag sehingga kamu perlu membayar harga airbag Avanza sekaligus jasa penggantiannya. 

Sementara, jika kamu mengganti airbag di bengkel umum atau bengkel spesialis airbag, ada kemungkinan mereka tidak memiliki full set airbag yang kamu butuhkan sehingga kamu perlu membelinya sendiri di luar. 

Berikut ini daftar harga paket air bag Avanza berdasarkan tahun keluarannya.

Tahun keluaranHarga paket airbag
Avanza keluaran 2012-2016Rp2.450.000
Avanza keluaran 2016-2022Rp5.750.000

Jika kamu hanya membutuhkan penutup atau cover saja, komponen ini dibanderol dengan harga Rp280.000 untuk cover airbag Avanza bagian supir.

Lalu, untuk cover airbag Avanza bagian penumpang, harganya dijual mulai dari Rp175.000 untuk penutup airbag. Sedangkan, sensor airbag yang terpisah dijual seharga Rp600.000.

Harga perbaikan airbag mobil Avanza

Airbag adalah fitur keselamatan sekali pakai. Ketika airbag sudah mengembang akibat kecelakaan dan benturan keras pada mobil maka airbag tidak bisa diperbaiki, melainkan harus diganti. 

Penggantiannya pun tidak hanya airbag saja, tapi seluruh sistem dan komponen lainnya juga harus ikut diganti agar fungsinya dapat kembali maksimal.

Harga perbaikan airbag Avanza akan mencakup penggantian airbag dan sensornya. Berikut ini adalah rincian biaya perbaikannya:

  • Penggantian airbag pengemudi seharga Rp7,1 juta
  • Penggantian airbag penumpang depan Rp14 juta
  • Penggantian Electronic Control Unit (ECU) Rp2,35 juta 
  • Penggantian sensor (depan, kiri, dan kanan) Rp470 ribu

Dari rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa total harga perbaikan airbag untuk mobil Toyota yang satu ini bisa mencapai Rp23.920.000.

Fungsi airbag pada mobil

Ada beberapa fungsi keberadaan airbag pada mobil. Sebagai komponen dari fitur keselamatan mobil, berikut ini fungsi airbag pada mobil.

1. Melindungi pengendara dan penumpang dari benturan

Fungsi airbag pada mobil adalah melindungi pengendara dan penumpang ketika terjadi benturan keras yang mengakibatkan kecelakaan di perjalanan. 

Kecelakaan akan menyebabkan benturan keras yang berisiko mencederai organ vital pengemudi bagian atas seperti bagian kepala, leher dan dada. 

Namun pada beberapa mobil ada pula yang fungsi airbagnya dimaksimalkan sehingga bisa melindungi seluruh tubuh pengendara dan penumpang dari benturan.

2. Mencegah kerusakan parah pada kabin mobil

Selain menjaga keselamatan pengendara, fungsi airbag pada mobil juga untuk menjaga agar kondisi mobil tidak rusak parah akibat kecelakaan. Sebab, ketika airbag mengembang maka kerusakan pada interior mobil akan terminimalisir. 

Sehingga, mobil yang mengalami ringsek parah di bagian depan tidak akan berimbas sampai ke bagian tengah dan belakang karena tertahan oleh airbag pada mobil.

3. Menghambat laju pengendara dan penumpang sebelum kecelakaan

Fungsi lain dari airbag pada mobil adalah untuk menghambat laju pengendara dan penumpang mobil dalam waktu beberapa detik ketika terjadi kecelakaan. 

Semua fungsi airbag pada mobil ini akan bekerja dengan baik ketika airbag mengembang secara maksimal sesuai kapasitasnya.

Cara kerja airbag mobil Avanza

Airbag mobil Avanza terhubung pada sensor yang akan merespon dengan cepat saat terjadi benturan dahsyat pada mobil. 

Saat terjadi benturan kasar, sensor tabrakan yang ada di bagian depan mobil mendeteksi perlambatan mendadak dan mengirimkan sinyal listrik untuk mengaktifkan inisiator.

Inisiator berupa kawat tipis ini kemudian akan memanas dan menembus ruang propelan. Hal ini menyebabkan propelan kimia di dalam inflator mengalami reaksi kimia yang cepat menghasilkan gas nitrogen untuk mengisi kantong udara. 

Gas yang diproduksi ini akan menggembungkan airbag dalam waktu kurang dari seperdua puluh detik. Airbag akan mengembang dan menyelimuti bagian depan dan sisi-sisi pengendara kemudian mengempis dengan kecepatan tiga persepuluh detik setelah tabrakan terjadi.

Fitur pengamanan keselamatan pengendara mobil ini sangat penting. Sebab jika tidak ada airbag, tubuh pengendara hanya akan tertahan oleh sabuk pengaman dan berisiko tinggi mengalami cedera pada organ vital, terutama di bagian atas.

Dimana letak airbag pada mobil?

Airbag terletak di bagian depan mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang yang duduk di depan. Ini adalah fitur keselamatan mobil paling minimal yang harus ada pada setiap mobil. 

Sehingga, setiap mobil setidaknya memiliki 2 buah airbag di bagian depan. Tujuannya untuk melindungi organ vital pengemudi dan penumpang yang duduk di depan secara maksimal.

Namun, saat berkendara, bukan hanya keselamatan supir saja yang diutamakan. Keselamatan para penumpang yang duduk di kursi belakang pun perlu dijadikan prioritas. 

Maka dari itu sekarang ada banyak mobil yang menyediakan airbag bukan hanya di depan saja tetapi juga di setiap bangku penumpang. Apalagi, biasanya penumpang lebih rawan mengalami cedera yang lebih berat daripada pengemudi.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Meski mobil telah memiliki fitur keselamatan yang lengkap seperti airbag mobil Avanza, kamu tetap perlu mempertimbangkan instrumen perlindungan untuk menjaga kondisi mobil agar selalu prima. 

Banyak orang masih menganggap asuransi mobil sebagai bentuk hal yang kurang penting atau merasa biaya asuransi mobil terlalu membebani.

Padahal, manfaat asuransi mobil justru akan sangat terasa ketika terjadi kerugian, kerusakan, hingga kehilangan pada mobil kesayanganmu. Untuk lebih jelasnya, coba simak penjelasan di video berikut ini.

Sering kali, saat kita sudah sangat berhati-hati saat berkendara pun, tetap saja bisa terjadi kecelakaan. Besar kecilnya kecelakaan tentu akan berdampak pada mobil kita. 

Jika ini sudah terjadi maka kamu membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit untuk mengembalikan kondisi mobil kamu pasca kecelakaan menjadi seperti semula.

Namun ketika kamu memiliki asuransi kendaraan, maka biaya perbaikan dan perawatan mobil bisa lebih murah daripada harga yang seharusnya. 

Lalu, jenis asuransi mobil apa yang cocok untuk mobil Avanza milikmu? Coba cari tahu dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

FAQ seputar airbag mobil Avanza

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.